Sabtu, 20 April 2024
  • kec.baebuntaselatan.2018@gmail.com

Pendistribusian Bantuan Logistik ke Desa Lawewe dan Lembang-Lembang kec. Bansel

Pendistribusian Bantuan Logistik ke Desa Lawewe dan Lembang-Lembang kec. Bansel Penyerahan Bantuan Logistik pada Gereja yang ada di Dusun Galinggang Desa Lawewe yang terdapat beberapa pengungsi dari Kec. Malbar

Baebunta Selatan -- Banjir Bandang yang menerjang Luwu Utara pada Senin tanggal 13 Juli 2020, juga terdampak di Beberapa Kecamatan yang ada di Luwu Utara, salah satunya di Kecamatan Baebunta Selatan tepatnya di Desa Beringin Jaya, Lawewe, Lembang-Lembang, Lara (Dusun Pondang) dan Sumpira.

Untuk Desa Beringin Jaya, Desa Lawewe dan Desa Lembang-Lembang memang sebelum banjir bandang terjadi di luwu utara, tiga Desa tersebut memang sudah sejak puluhan tahun berlangganan banjir dari luapan sungai Rongkong dan itu terjadi hampir tiap tahunnya.

Selasa, 28 Juli 2020 untuk kesekian kalinya Pendistribusian bantuan logistik dari para donatur, mewakili Camat Baebunta Selatan Muhammad Yamin, SH, Kasi Pemerintahan dan Pertanahan Bansel Akbar Nur, SH membawa bantuan dari Komunitas Bergerak Saja, Warung Sedekah, Muslim Raider, Forkab Banggai, BEM Unhas dan Apotek Perennial yang dibantu oleh para relawan dari Tim Wanadri Bandung, Mapala Trungkeulahi Politeknik industri logam Morowali dan Dinas PU Sulawesi Barat untuk melakukan pendistribusian pada Korban Banjir yang ada di Desa Lawewe dan Desa Lembang-Lembang Kecamatan Baebunta Selatan.

Sebelumnya Bantuan tersebut disalurkan di kediaman Kasi Pemerintahan & Pertanahan Bansel Akbar Nur pada hari Senin (27/7/2020) prioritas untuk korban Banjir yang ada di Desa Lawewe dan lembang-Lembang dan hari ini, Selasa (28/7/2020) Akbar Nur selaku Kasi Pemerintahan Bansel mewakili Camat Baebunta Selatan, melakukan Pendistribusian bantuan logistik untuk kesekian kalinya ke Desa yang ada di Kecamatan Baebunta Selatan.

Rute Pedistribusian bantuan logistik berawal di Kantor Desa Lawewe, bantuan berupa Beras 280 kg, sebanyak 46 karung isi 5 kg dan 1 karung isi 50 kg yang diterima langsung oleh Pj. Kepala Desa Lawewe Sumarding, kemudian pendistribusian berlanjut di Dusun Galinggang Desa Lawewe tepatnya di Gereja GPDI dan Gereja Toraja yang dimana terdapat Pengungsi dari Desa Limbong Wara dan Desa Wara Kecamatan Malangke Barat, sebanyak 45 Jiwa / 22 KK di Gereja GPDI sedangkan pada Gereja Toraja sebanyak 172 Jiwa / 35 KK.

Dimana daerah mereka memang terdampak banjir cukup parah sehingga mengharuskan mereka untuk mencari tempat aman dan lokasi yang menjadi tempat mereka mengungsi yaitu di dua Gereja yang berada di Dusun Galinggang Desa Lawewe Kecamatan Baebunta Selatan.

Pada Gereja GPDI bantuan berupa Beras 200 kg dalam karung isi 50 kg sedangkan Untuk Gereja Toraja bantuan Beras 230 kg sebanyak 46 kantongan isi 5 kg dan masih banyak bantuan logistik lainnya.

“Hari ini mewakili Camat Bansel, saya melakukan pendistribusian di dua Desa yang ada di Kecamatan Baebunta Selatan, yaitu Desa Lawewe dan Desa lembang-Lembang yang memang sesuai amanah para donatur, agar bantuan yang mereka salurkan di prioritaskan ke Desa Lawewe dan lembang-Lembang”. Ucap Akbar Nur

“Dan memang, tepatnya di Desa Lawewe, ada saudara kita yang mengungsi dari Desa Limbong Wara dan Desa Wara Kecamatan Malangke Barat pada dua gereja yang ada di Dusun Galinggang, yang memang daerah mereka terdampak banjir cukup parah dan kita upayakan agar mereka bisa mendapatkan bantuan yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan”.tuturnya

Kemudian dari Kepala Desa Lawewe Sumarding mengucapkan banyak terima kasih atas Bantuan  yang telah diberikan “Saya hanya mengucapkan terima kasih banyak kepada para relawan yang memberikan bantuan kepada Desa Kami Desa Lawewe Kecamatan Baebunta Selatan yang memang sejak dua minggu lalu terdampak banjir bandang, semoga rejekinya makin bertambah dan bernilai ibadah di mata Allah SWT”.

Setelah dari Desa Lawewe, Akbar Nur beserta para Relawan berlanjut ke Posko Bantuan Bencana Banjir Desa Lembang-Lembang dengan mendistribusikan Bantuan logistik, yang diterima langsung oleh Kepala Dusun Dadeko yaitu berupa Beras sebanyak 200 kg (4 karung) dan beberapa bantuan logistik lainnya, untuk bisa dibagikan ke warga yang terdampak di Desa Lembang-Lembang Kecamatan Baebunta Selatan.

“Dengan Bantuan ini, saya mewakili Pemerintah Kecamatan Baebunta Selatan berharap dari pihak Pemerintah Desa bisa menyalurkan Bantuan ini dengan merata pada warga yang terdampak, tanpa ada laporan nantinya jika ada beberapa warga yang tidak mendapatkan bantuan”.Jelas Akbar Nur

“Semoga bantuan yang tersalurkan dalam beberapa hari ini bisa dimanfaatkan sebaik-baik mungkin, karena ini merupakan amanah dari para Donatur, mereka ingin Luwu Utara bisa bangkit dan kuat karena kita tidak sendiri, ada saudara-saudara kita di luar sana yang begitu peduli terhadap apa yang dialami Luwu Utara”. Ungkap Akbar Nur selaku Kasi Pemerintahan Bansel

Adapun bantuan dari para Donatur yang didistribusian hari ini (28/7) Ke Desa Lawewe dan Desa Lembang-Lembang diantaranya : air Gelas Mineral, Minyak Goreng, Sarden, tepung, Mie instant, Softex, Pampers bayi, sabun mandi, pasta gigi, soffel, Kecap Sachet, Sambal Sachet, saus tomat, Detergent, Popok celana lansia, under Pads, pakaian dalam wanita dan pria, tikar, susu bayi, tissue basah, dot, bubur sun, sarung, gas 3 kg dan beras.

(AN/TA)